Baca Buku Online: Sisi Lain Pangeran Diponegoro Pdf Penulis Peter Carey

Sisi Lain Pangeran Diponegoro PDF Penulis Peter Carey Baca Buku Online: Sisi Lain Pangeran Diponegoro PDF Penulis Peter Carey

Detail Buku:

Judul: Sisi Lain Pangeran Diponegoro
Penulis: Peter Carey
Alih Bahasa: xxx
Penerbit: Kepustakaan Populer Gramedia, 2017
ISBN:  978-602-424-680-8
Bahasa: Indonesia
Jumlah halaman: 298 halaman
Jenis File: PDF
Besar file: 2,72Mb


Deskripsi:

PERANG JAWA (1825-30) ialah suatu “tsunami” dalam sejarah Indonesia modern yang menghancurkan tatanan usang Jawa dan melahirkan sebuah pemerintah kolonial baru, Hindia Belanda (1818-1942). Perang total ini juga menjadi pemicu lahirnya historiografi baru. Untuk pertama kali dalam sastra Jawa modern muncul sebuah oto biografi —Babad Diponegoro (1832)—yang ditulis Pangeran Diponegoro (1785-1855) dalam pengasingan di Manado.

Isu legitimasi kekuasaan menjadi hal yang diperdebatkan dengan seru. Apakah sang Pangeran murni memperjuangkan kebenaran sebagai Ratu Adil atau sebetulnya dimakan kepongahan kekuasaaan alias pamrih? Bagi musuh turun-temurun Diponegoro di Bagelen, Raden Adipati Cokronegoro I, bupati perdana Purworejo pascaperang (menjabat 1831- 1856), balasan sudah jelas: Diponegoro seorang yang jago tapi mempunyai kelemahan fatal: ambisi dan keangkuhan.

Dalam naskah yang ditulis Cokronegoro dengan pertolongan mantan panglima Diponegoro di Bagelen, Basah Pengalasan, Babad Kedung Kebo (1843), Cokronegoro menyerupai menjawab otobiografi sang Pangeran. Versi sejarah Perang Jawa ini membenarkan pilihan Cokronegoro untuk memihak kepada Belanda. Kekuasaan kolonial gres yang bercokol telah menjadi masa depan bangsa dan belum saatnya untuk mengusir kaum penjajah. Maka mengharapkan muncul seorang Juru Selamat alias Ratu Adil amat terlalu dini.



Buku ini, yang didasarkan pada dua goresan pena kunci pakar Perang Jawa, Peter Carey, pada pertengahan 1970-an, perihal Babad Kedung Kebo dan historiografi Jawa, merupakan pengantar inspiratif untuk sejarawan. Buku ini mengajak kita untuk mengerti bahwa sejarah Jawa pada awal kala ke-19 sangat beraneka ragam dan historiografi lokal sangat kaya. Tulisan Cokronegoro juga memperingatkan kita bahwa tidak ada satu versi sejarah yang benar. Babad Kedung Kebo menjadi salah satu materi yang mengukir dunia Jawa.


Sumber https://bacaan-indo.blogspot.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Baca Buku Online: Lady Chatterley's Lover Pdf Karya D.H. Lawrence

Baca Buku Online: Who Am I? 2 Pdf Penulis Psikologi Id

Baca Buku Online: Super Spiritual Quotient (Ssq) - Sosiologi Qur'ani Dan Revolusi Mental